Senin, 07 Januari 2013

Tips Sederhana Menghemat Baterai Laptop

Sebenernya ini masalah biasa tapi sering kali orang menyepelekan hal yang biasa, apalagi bagi yang koceknya lumayan tebal, mungkin enggak masalah. Tapi buat orang seperti saya yang notabene cuma seing dapet barang second, yaaah masalah juga lah. Iya sering kali saya dapat laptop bekas biasanya batre bawaan ya bekas juga, kendalanya ya ngedrop, bete bete bete gitu deh heheheheh...
Tips saya bukan mengatasi batre ngedrop tapi menghemat batre, artinya kalo batrenya memang ngedrop ya tetep aja gak bisa hemat heheheheh...solusinya ya browsing sambil colokin ke listrik. Gitu aja kok repot yaa, lah kalo gak nemu colokan gimana, ya pasrah aja deh beli yang baru hehehehehe....jangan marah brooo.
Oks, untuk menghemat batre ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, maaf ini buat yang mau legowo aja, karena tips ini kebanyakan menyarankan orang untuk apa adanya, nrimo dan memakai sesuai yang diperlukan aja.

Baik sob, ini tipsnya :

Yang pertama kita bisa mulai dari LCD atau layar dari laptop kita, sebaiknya untuk layar laptop kita, kita kurangi pencahayaannya, atau keterangannya, asal jangan sampai gelap tentunya, toh kalo terlalu terang juga mata kita akan cepat lelah, belum nanti akan mengurangi keawetan dari LCD kita ini. Dengan layar yang tidak terlalu terang tentu konsumsi batre dari laptop kita juga akan semakin sedikit. Aktifkan modus standby, agar layar bisa mati jika aktivitas kitahentikan beberapa saat, mungkin ditinggal makan atau istirahat bentaran tapi gak pengin mematikan laptop.

Yang kedua, Jangan biasakan menyeting Bluetooth atau wifi dengan modus Automatic, pake manual aja, apabila keduanya sering on otomatis, apabila kita tidak sedang memakainya akan memakan daya batre yang lumayan yang akan menyebabkan batre jadi cepat habis, karena wifi yang on atau Bluetooth yang on akan mencari sinyal terus menerus, ini tentu akan menguras daya batre laptop kita, belum lagi bisa kena hack laptop kita nantinya. Pakelah jika mau diperlukan saja.

Yang ketiga, Lepas beberapa perangkat yang sudah tidak dipakai. Perangkat tambahan semisal flasdisk atau modem sebaiknya dilepas aja bila sudah selesai digunakan, untuk mencegah laptop kita bekrja keras untuk mendeteksi file dalam perangkat tambahan tersebut yang tentunya juga akan menguras batre laptop kita.

Yang kelima, Hentikan atau tutup Program yang berjalan pada modus background atau hide yang berjalan bersama-sama. Sering kali kita bekerja sambil membuka banyak program sekaligus, ini bukan saja menguras batre tapi RAM juga akan terkuras yang bisa menyebabkan Laptop kita jadi lemot alias lambat lebih apes lagi hang. Mungkin kurang asyik browsing atau mengetik tanpa mendengarkan lagu, tapi yaah kembali ke masing-masing mau hemat apa enggak. Yah jangan terlalu bernafsu menjalankan banyak program sekaligus, kasian laptop, tul gak sob.

Disamping itu mungkin perilaku mengisi batre atau mengecas batre agar awet perlu juga diperhatikan, saran saya lakukan isi ulang batre kamu sebelum batre benar benar habis, jangan sampai mati kehabisan batre baru diisi, karena akan berpengaruh pada ion ion dalam batre tersebut. Untuk batre yang masih baru usahakan pengecasan dilakukan saat laptop mati atau off. Lamanya sesuai dengan waktu yang ditentukan untuk mengecas batre.

Untuk perawatan kita bisa melakukannya dengan menjaga dan membersihkan metal batre dengan kain halus seperti kain flanel jangan pake kain sarung apalagi kain pel hehehehehe....yang diolesi sedikit alkohol agar kotoran bersih dari kutub batre, ini akan berpengaruh menjadikan batre lebih mudah terisi dalam proses pengecasan.
Selain itu, bila kita tidak menggunkan laptop atau batre kita dalam jangka yang lumyan lama ada baiknya batre kita lepas dan simpan dalam tempat yang sejuk dan aman, hindarkan dari panas matahari maupun dari panas api. Sebenernya gampang tipsnya tapi tidak semua orang mau melakukannya.

Ok sob, segini aja dulu postingan saya, semoga bermanfaat buat sobat sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yaa, komentar yang bermuatan SARA akan segera Admin hapus, silahkan berkomentar dengan Santun, Bijak dan Sopan. Terima kasih